Pembahasan UN IPA SMP

1. Percobaan pada gambar bertujuan untuk membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan ....




A. uap air

B. oksigen

C. karbon dioksida

D. zat hijau daun

Jawaban



2. Ahmad melakukan percobaan dengan menanam dua tanaman bayam. Tanaman bayam A ditutup dengan kardus, sementara itu tanaman B diletakkan di tempat terbuka. Tanaman bayam A tumbuh lebih tinggi daripada tanaman B. Faktor yang memengaruhi pertumbuhan pada percobaan tersebut adalah ....
A. gen

B. nutrisi

C. hormon

D. cahaya

Jawaban

3. Hewan dan tumbuhan melakukan adaptasi terhadap lingkungannya dengan berbagai cara, antara lain:
1. Bentuk paruh bangau panjang karena hidup di daerah yang berair dan memangsa ikan.
2. Batang teratai berongga agar dapat mengapung di dalam air.
3. Paus muncul ke permukaan air untuk bernapas.
4. Cecak memutuskan ekornya ketika menghadapi predator. Manakah yang termasuk adaptasi morfologi?

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 4

D. 3 dan 4

Jawaban
4. Perhatikan gambar berikut!

Apabila semua tikus pada jaring-jaring makanan mengalami kematian akibat dibasmi oleh petani, yang terjadi adalah ....

A. populasi ular dan belalang meningkat


B. populasi kucing dan elang meningkat


C. populasi jagung dan burung kecil menurun


D. populasi ular dan kucing menurun

Jawaban


5. Kantong plastik yang biasanya digunakan sebagai wadah berbagai belanjaan selalu dibuang ketika habis terpakai. Hal ini menyebabkan semakin banyaknya sampah plastik yang mencemari lingkungan. Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan adalah ....
A. memberi sanksi kepada setiap pembeli yang meminta kantong plastik


B. setiap kantong plastik yang dibawa dari pasar sebaiknya dikubur dalam tanah


C. menggunting plastik tersebut sehingga menjadi penggalan-penggalan kecil baru dibuang


D. memakai ulang kantong plastik bekas belanjaan untuk berbelanja lagi


Jawaban

Pembahasan :
1. Konsep: Fotosintesis Percobaan pada fotosintesis dilakukan oleh Sachs dan Ingenhousz.
a. Percobaan Sachs membuktikan bahwa pada proses fotosintesis dihasilkan amilum.
b. Percobaan Ingenhousz membuktikan bahwa pada proses fotosintesis dihasilkan O2 sebagai hasil sampingan fotosintesis.
Gambar di soal menunjukkan percobaan fotosintesis dimana dihasilkan gelembung udara. Gelembung udara tersebut adalah oksigen (percobaan Ingenhousz). Jawaban: B

2. Konsep: Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dipengaruhi oleh faktor dalam dan faktor luar.
a. Faktor dalam merupakan faktor yang berasal dari dalam tubuh tumbuhan itu sendiri, yaitu gen dan hormon.
b. Faktor luar merupakan faktor yang berasal dari luar tubuh tumbuhan itu sendiri, yaitu makanan, suhu, cahaya (sinar matahari), dan kelembapan udara. Percobaan yang dilakukan dengan menggunakan dua tanaman bayam, dimana tanaman bayam A ditutup dengan kardus, artinya tidak terkena cahaya matahari sedangkan tanaman bayam B diletakkan di tempat terbuka, artinya terkena cahaya matahari. Jadi, faktor yang memengaruhi pertumbuhan tumbuhan bayam tersebut adalah cahaya. Jawaban: D

3. Konsep: Adaptasi Adaptasi adalah proses penyesuaian diri pada makhluk hidup dengan lingkungannya. Adaptasi dibedakan menjadi 3, yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku.
a. Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh atau alat-alat tubuh terhadap lingkungannya sehingga dapat terlihat dari luar.
Contoh: bentuk paruh burung dan batang yang berongga pada tumbuhan air.
b. Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian fungsi alatalat tubuh terhadap keadaan lingkungan. Adaptasi ini sangat sulit untuk diamati.
Contoh: hewan memamah biak dapat mencerna selulosa karena di dalam tubuhnya terdapat enzim selulose.
c. Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Adaptasi ini banyak dijumpai di hewan.
Contoh: Tingkah laku paus dan cecak. Pada soal, pernyataan no. 1 dan 2 merupakan contoh adaptasi morfologi, sedangkan no.3 dan 4 merupakan contoh adaptasi tingkah laku. Jawaban: A

4. Konsep: Interaksi Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem
Interaksi antarmakhluk hidup dalam ekosistem dapat terjadi melalui jaring-jaring makanan. Jaring-jaring makanan adalah kumpulan rantai makanan. Di dalam rantai makanan, makhluk hidup dapat berperan sebagai:
a. Produsen: makhluk hidup yang bisa membuat makanannya sendiri. Contoh: tumbuhan.
b. Konsumen: makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanannya sendiri sehingga makanannya diperoleh dari makhluk hidup lainnya. Konsumen dibedakan menjadi konsumen tingkat I, konsumen tingkat II, konsumen tingkat III, dan seterusnya. Contoh: hewan.
c. Pengurai: makhluk hidup yang menguraikan makhluk hidup lainnya yang sudah mati. Hasil penguraiannya dibutuhkan oleh tumbuhan sebagai sumber mineral dari dalam tanah. Contoh: jamur dan bakteri. Tikus merupakan konsumen tingkat I (memakan jagung yang berperan sebagai produsen). Tikus dimakan oleh ular (konsumen tingkat III) dan kucing (konsumen tingkat II). Apabila semua tikus musnah, maka populasi jagung akan meningkat, sebaliknya populasi ular dan kucing menurun. Jawaban: D

5. Pencemaran lingkungan adalah masuknya bahan-bahan ke dalam lingkungan yang dapat mengganggu kehidupan makhluk hidup yang ada di dalamnya, baik secara alami maupun sebagai akibat tindakan manusia. Pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi 3, yaitu pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran tanah.
a. Cara-cara untuk mengatasi pencemaran air antara lain tidak membuang sampah dan limbah cair ke selokan atau sungai, tidak membuang sisa insektisida ke sungai, dan mengolah terlebih dahulu limbah industri yang akan dibuang ke sungai.
b. Cara-cara untuk mengatasi pencemaran udara antara lain tidak menggunakan lemari es dan AC yang memakai CFC, ikut berpartisipasi dalam penghijauan, mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, dan mengharuskan pembuatan cerobong asap pada pabrik.
c. Cara-cara untuk mengatasi pencemaran tanah antara lain membuang sampah pada tempatnya, memisahkan tempat pembuangan untuk sampah yang mudah terurai dengan sampah yang sulit terurai, dan menggunakan kembali atau mendaur ulang sampah tersebut.
Pada soal, bahan pencemarnya adalah plastik, merupakan salah satu penyebab terjadinya pencemaran tanah. Kantong plastik dapat mencemari tanah karena termasuk sampah yang sulit terurai sehingga jika dikubur atau digunting menjadi kecil-kecil, tetap tidak akan terurai dan tetap akan mencemari tanah. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan adalah dengan menggunakan (memakai) kembali kantong plastik bekas belanjaan untuk berbelanja lagi. Jawaban: D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar